Tips Mengelola Stres Secara Sehat


Tips Mengelola Stres Secara Sehat


Stres adalah bagian yang tidak terpisahkan dari dinamika kehidupan manusia, dan dapat dialami oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun, mulai dari dunia pekerjaan, kesehatan, relasi, dan lain sebagainya. Bagi sebagian orang, mengelola stres bisa jadi sesuatu yang mudah, namun sebagian mungkin memerlukan bantuan profesional untuk membantu mengelola berbagai stres yang dialami karena dirasa sudah mengganggu berbagai aspek kehidupannya. Hal ini mungkin menimbulkan pertanyaan, apa itu stres dan seberapa penting mengelola stres dengan baik? Simak selengkapnya dalam penjelasan berikut ya!


Apa itu Stres?


Ditinjau dari definisinya, stres merupakan suatu bentuk respons atau reaksi tubuh secara alami terhadap situasi yang berbahaya baik yang bersifat nyata, maupun yang dipersepsikan dalam pikiran. Pada dasarnya, stres juga dapat dipandang sebagai suatu mekanisme pertahanan dalam diri kita agar terhindar dari cedera fisik atau psikis yang berpotensi merugikan. Gejala stres yang ditunjukan dapat berbeda pada setiap orang. Ada kalanya gejala stres tampak jelas pada sebagian orang, namun ada juga orang yang sama sekali tidak menunjukkan gejala stres walaupun sebetulnya sedang mengalami stres.


Pada saat seseorang berada dalam situasi yang dianggap sebagai suatu ancaman, maka tubuh akan secara otomatis mengaktifkan respons stres yang dikenal sebagai fight-or-flight response. Respons flight or fight akan membantu seseorang menentukan tindakan yang akan diambil untuk suatu pencetus stres, yakni apakah akan menghadapinya atau akan menjauhinya. Respons ini akan ditandai dengan adanya aktivitas saraf simpatik yang berdampak pada peningkatan denyut jantung, kecepatan bernapas, kontraksi otot, sampai peningkatan tekanan darah. Tubuh tentu memiliki mekanisme untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah mengalami stres, akan tetapi jika stres terjadi bertubi-tubi dan tidak dikelola dengan baik, tidak menutup kemungkinan akan timbul masalah. Pasalnya, kondisi stres dapat memengaruhi seluruh aspek kehidupan dan berpotensi menurunkan kualitas hidup seseorang apabila dibiarkan berlarut-larut tanpa manajemen yang baik. Perubahan emosi, perilaku, kemampuan berpikir, hingga kesehatan fisik merupakan beberapa contoh dampak dari kondisi stres.


Tips Mengelola Stres dengan Baik


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, stres memang memiliki manfaat bagi manusia, asalkan porsinya sesuai dan dikelola dengan baik. Teknik mengelola stres merupakan hal yang tidak banyak dipelajari oleh kebanyakan orang, sehingga tak jarang orang memilih mengabaikan stres yang terjadi dan dibiarkan berlarut-larut. Agar dapat terhindar dari dampak buruk yang disebabkan oleh stres bekepanjangan, ada baiknya kita mulai mempelajari teknik-teknik sederhana untuk membantu mengelola stres.


Hal utama yang perlu dilakukan dalam mengelola stres adalah dengan mengindentifikasi hal apa saja yang sekiranya dapat menjadi penyebab ataupun pemicu stres. Harapannya kita akan lebih mudah mengantisipasi berbagai kemungkinan dan lebih mampu mengendalikan pikiran dan tindakan untuk menghadapi hal tersebut. Selain itu, penting untuk mengenali gejala yang sekiranya sudah dirasakan. Mengenali gejala-gejala stress adalah langkah awal yang baik. Pada tahap tertentu, stres dapat berdampak juga pada perubahan kondisi fisik tubuh yang ditandai dengan beberapa gejala seperti sakit kepala, kaku atau nyeri otot, nyeri dada, jantung berdebar-debar, mulut kering, rasa lelah, penurunan gairah seksual, gangguan saluran cerna, dan gangguan tidur. Manifestasi stres secara emosional dapat ditunjukkan dengan perasaan cemas, sulit rileks, gelisah, demotivasi, sulit fokus, mudah marah, sedih, merasa sendirian, bahkan yang mengarah pada depresi. Sementara itu, dari aspek perilaku stres dapat menimbulkan kecenderungan gangguan makan (makan berlebihan atau tidak mau makan), menggigit kuku, marah meledak-ledak, kecenderungan untuk mengonsumsi alkohol, obat-obatan, atau merokok, menarik diri dari lingkungan, serta malas bergerak.


Apabila seseorang merasa bahwa dirinya mungkin mengalami stres yang dirasa mengganggu, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu mengelola stres secara sehat:


  • Berpikir positif dan berbuat baik kepada diri sendiri

  • Mempelajari berbagai teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi

  • Berolahraga teratur

  • Menjaga pola makan bergizi seimbang

  • Sempatkan menjalani hobi dan bersosialisasi

  • Cukup istirahat

  • Berbicara dengan seseorang yang dapat kita percaya

  • Hindari godaan rokok atau obat terlarang untuk mengalihkan kita dari stres yang dialami.


Apabila kondisi stres yang dialami belum juga menunjukan perbaikan, bahkan setelah menerapkan tips-tips di atas, jangan ragu untuk segera mencari bantuan profesional, ya! Saat ini cukup banyak penyedia layanan kesehatan psikologis yang memungkinkan seseorang yang mengalami berbagai masalah psikis, termasuk stres, untuk dapat memperoleh solusi yang tepat oleh ahlinya. Perlu selalu diingat bahwa kesehatan mental merupakan sesuatu yang bersifat fundamental untuk keseluruhan kualitas hidup kita. Semoga informasi ini menambah kesadaran kita untuk menjaga kesehatan mental, yang dapat dimulai dengan pengelolaan stres yang baik.


Referensi:

1. Stress Management. Available from: https://www.webmd.com/balance/stress-management/default.htm#

2. What Happens to Your Body During The Fight or Flight Response. Available from: https://health.clevelandclinic.org/what-happens-to-your-body-during-the-fight-or-flight-response/

3. How to manage and reduce stress. Available from: https://www.mentalhealth.org.uk/publications/how-manage-and-reduce-stress

77 views