5 Tips Agar Tetap Bugar di Bulan Puasa


Bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Selain melakukan berbagai ibadah dan amalan baik selama masa puasa, kita juga tetap perlu memperhatikan dan menjaga kesehatan tubuh. Lantas apa saja yang dapat kita lakukan agar tetap bugar di bulan puasa? Simak beberapa tips berikut ini!


1. Jangan Lupa Sahur

Ayo, siapa yang pernah melewatkan sahur pada bulan puasa tahun lalu? Jangan sampai puasa tahun ini terulang lagi, ya! Pasalnya, sahur sangat penting perannya untuk menjamin asupan energi selama berpuasa hingga waktu berbuka tiba. Tentunya jenis menu yang dipilih sebagai menu sahur pun tidak boleh sembarangan. Pilihlah menu sahur yang dilengkapi dengan bahan makanan yang kaya akan protein, serat, dan karbohidrat kompleks. Komposisi nutrisi ini dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Contoh karbohidrat kompleks antara lain rolled oat, quinoa, dan nasi merah.


2. Minum Air Putih

Selama berpuasa, tubuh cenderung mengalami kondisi kekurangan cairan. Tubuh memerlukan 8-12 gelas air setiap harinya. Selama masa puasa, kita bisa membagi jumlah kebutuhan air yang harus diminum pada jeda waktu antara berbuka puasa sampai dengan selesai sahur sambil menunggu waktu imsak. Air putih adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan selama puasa. Sebisa mungkin hindari minuman bersoda serta minuman berkafein seperti kopi. Kandungan kafein di dalam kopi dapat membuat kita lebih sering buang air kecil sehingga kadar cairan tubuh pun menjadi menurun.


3. Perhatikan Pola Makan

Saat sahur maupun berbuka puasa, kita harus senantiasa memegang prinsip gizi seimbang dalam mengatur menu makanan. Usahakan untuk membatasi makanan yang berminyak, bersantan, atau pedas. Jenis makanan tersebut rentan menimbulkan rasa tidak nyaman di saluran cerna sehingga dapat mengganggu kelancaran berpuasa. Perhatikan juga kandungan garam di dalam menu makanan yang kita santap, karena asupan garam yang tinggi dapat menyebabkan kita menjadi lebih cepat haus.


Makanan manis memang menjadi favorit banyak orang pada saat berbuka puasa untuk mengembalikan kadar gula darah setelah seharian berpuasa. Namun kita juga harus hati-hati agar tidak mengonsumsi makanan manis secara berlebihan, ya! Usahakan untuk makan secara bertahap saat berbuka puasa untuk menghindari lonjakan gula darah yang tinggi dan rasa tidak nyaman pada saluran cerna. Mereka yang memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit lainnya sebaiknya berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi mengenai obat dan pengaturan makan selama bulan puasa, agar tetap dapat menjalankan ibadah dengan nyaman.


4. Lakukan Aktivitas Fisik

Puasa bukanlah halangan untuk tetap aktif secara fisik. Aktivitas fisik atau olahraga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, termasuk pada saat berpuasa. Tentu kita harus lebih selektif memilih jenis olahraga yang sesuai untuk dilakukan pada saat berpuasa. Pilihlah jenis olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik, dan perhatikan semua sinyal dari tubuh. Apabila merasa pusing atau lemas, segeralah beristirahat!


5. Tidur Cukup

Tidur yang cukup akan melengkapi tips tetap bugar selama bulan puasa. Seperti yang sudah diketahui secara luas, kurang tidur dapat mengganggu aktivitas dan kinerja kita selama berpuasa. Hindari begadang, tidurlah lebih cepat dari biasanya karena kita pun harus bangun lebih cepat untuk bersiap makan sahur.

Demikian kelima tips sehat di bulan puasa yang bisa kita lakukan agar tetap bugar selama berpuasa. Semoga puasa kita berjalan lancar hingga Hari Raya Idul Fitri tiba, ya!

Sumber:

World Health Organization. Stay healthy during Ramadan.

British Nutrition Foundation. A healthy Ramadan.

Good House Keeping. 5 ways to stay fit and healthy during Ramadan.

Up Fitness.8 Tips to Stay Strong, Fit, and Healthy During Ramadan.

4 views