Gabapentin Kapsul 300 mg

Gabapentin bisa digunakan sebagai terapi tambahan terhadap obat antiepilepsi standar pada penderita yang tidak dapat dikendalikan serangannya dengan obat antiepilepsi baik secara tunggal maupun kombinasi atau pada penderita yang tidak toleran terhadap dosis obat-obat tersebut.

Gallery Produk Sistem Saraf-01.jpg

Jika tombol tidak bisa diklik, produk tidak tersedia untuk dibeli sendiri dan hanya tersedia di rumah sakit.

Komposisi

Gabapentin 300 mg


Indikasi

Sebagai terapi tambahan terhadap obat antiepilepsi standar pada penderita yang tidak dapat dikendalikan serangannya dengan obat antiepilepsi baik secara tunggal maupun kombinasi atau pada penderita yang tidak toleran terhadap dosis obat-obat tersebut. Gabapentin yang ditambahkan pada terapi antiepilepsi yang sekarang digunakan, diindikasikan untuk serangan parsial sederhana dan serangan parsial kompleks (simple and complex partial seizures) dan serangan umum tonic clonic sekunder (secondary generalized tonic clonic seizures).


Kontraindikasi

Hipersensitif terhadap komponen obat.


Efek Samping

  • Sistem saraf: mengantuk, pusing atau ataksia, fatigue, nistagmus, tremor, gugup, disartria, amnesia, depresi, twitching, gangguan koordinasi, sakit kepala, bingung, insomnia, abnormal thinking, dan gangguan emosional.

  • Gastrointestinal: dispepsia, mulut dan tenggorokan terasa kering, konstipasi, kelainan pada gigi, peningkatan nafsu makan, mual, muntah, nyeri abdominal, diare dan anoreksia.

  • Kardiovaskular: edema perifer, vasodilatasi, hipertensi, hipotensi, angina pektoris, gangguan vaskular perifer, palpitasi, takikardia, heart murmur dan edema umum.

  • Saluran pernafasan: rinitis, faringitis, batuk, pneumonia, epistaksis, dan dispnea.

  • Jaringan otot: mialgia, artralgia, nyeri punggung dan fraktur.

  • Kulit dan reaksi sensitif: pruritus atau abrasi, ruam atau jerawat.

  • Hematologi: leukopenia, purpura, anemia, dan trombositopenia.

  • Mata dan telinga: diplopia dan amblyopia.


Dosis

Gabapentin diberikan secara oral tanpa memerhatikan anjuran makanan.

Pada pasien dewasa dan anak-anak >12 tahun, dosis efektif gabapentin adalah 900-1.800 mg dalam tiga dosis terbagi.

Titrasi untuk mencapai dosis efektif dapat ditingkatkan dengan cepat dan dapat tercapai dalam beberapa hari dengan pemberian 300 mg sekali sehari pada hari pertama, 300 mg dua kali sehari pada hari kedua, dan 300 mg tiga kali sehari pada hari ketiga.

Selanjutnya dosis dapat diberikan 1.200 mg per hari dibagi dalam 3 dosis dan jika diperlukan dosis dapat ditingkatkan dengan penambahan sebanyak 300 mg per hari dibagi dalam 3 dosis sampai maksimum 2.4000 mg per hari interval pemberian dosis 3 kali sehari tidak boleh melebihi 12 jam.


Kemasan

Kotak, 3 blister @ 10 kapsul


Golongan

Antiepilepsi


Perlu Resep

Ya


Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu di bawah 30°C, terlindung dari cahaya.