Norepinephrine Bitartrate Monohydrate 1 mg/ml

Norepinephrine digunakan untuk mengontrol tekanan darah pada keadaan tekanan darah rendah (hipotensi) akut maupun sebagai terapi tambahan pada henti jantung dan hipotensi berat.

Gallery Produk Sistem Jantung & Pembuluh
DAPATKAN DISINI

Jika tombol tidak bisa diklik, produk tidak tersedia untuk dibeli sendiri dan hanya tersedia di rumah sakit.

Komposisi

Tiap ml mengandung norepinephrine bitartrate monohydrate setara dengan norepinephrine 1 mg


Indikasi

Untuk mengontrol tekanan darah pada keadaan hipotensi akut (seperti, pheochromocytomectomy, sympathectomy, poliomyelitis, spinal anesthesia, infark miokard, septikemia, transfusi darah, dan reaksi obat). Sebagai terapi tambahan pada henti jantung dan hipotensi berat. Untuk mengembalikan dan mempertahankan tekanan darah yang adekuat setelah denyut jantung dan ventilasi jantung efektif telah dicapai dengan cara lain.


Kontraindikasi

Norepinephrine tidak boleh diberikan pada pasien hipotensi karena kekurangan volume darah, kecuali dalam keadaan darurat untuk mempertahankan perfusi arteri koroner dan serebral sampai terapi penggantian volume darah dapat diberikan. Jika norepinephrine diberikan secara kontinyu untuk mempertahankan tekanan darah tetapi penggantian kekurangan volume darah tidak dilakukan, dapat terjadi hal-hal berikut: vasokonstriksi perifer dan viseral yang berat, penurunan perfusi ginjal dan pengeluaran urin, gangguan aliran darah sistemik meskipun tekanan darah “normal”, hipoksia jaringan, dan asidosis laktat.



Norepinephrine juga tidak boleh diberikan kepada pasien dengan trombosis pembuluh darah mesenterium atau pembuluh darah perifer (karena risiko peningkatan iskemia dan perluasan area infark) kecuali jika dokter yang menangani berpendapat bahwa pemberian injeksi norepinephrine perlu untuk prosedur menyelamatkan hidup pasien. Anestetik siklopropana dan halotan meningkatkan iritabilitas otonom jantung, sehingga menimbulkan sensitisasi miokardium terhadap kerja norepinephrine atau epinephrine yang diberikan secara intravena. Oleh karena itu, penggunaan norepinephrine selama pemberian siklopropana dan anestesi halotan umumnya dikontraindikasikan, karena risiko terjadinya takikardia atau fibrilasi ventrikular. Aritmia jantung dengan tipe yang sama dapat terjadi akibat penggunaan norepinephrine pada pasien dengan hipoksia atau hypercarbia yang berat.


Efek Samping

  • Tubuh secara keseluruhan: kerusakan jaringan akibat iskemia karena kerja vasokonstriktor yang kuat dan hipoksia jaringan.

  • Sistem kardiovaskular: bradikardia, kemungkinan merupakan hasil refleks tekanan darah, aritmia.

  • Sistem saraf: ansietas, sakit kepala sementara.

  • Sistem respirasi: kesulitan bernapas.

  • Kulit dan struktur kulit: nekrosis ekstravasasi pada tempat injeksi.


Dosis

Dosis rata-rata
Tambahkan 4 ml (4 mg) dari ampul norepinephrine ke dalam 1.000 ml larutan yang mengandung dekstrosa 5%. Tiap ml hasil pengenceran ini mengandung 4 mcg norepinephrine base. Berikan larutan ini dengan infus intravena. Masukkan kateter plastik intravena melalui jarum yang dimasukkan dengan baik ke dalam vena dan direkatkan dengan plester, jika mungkin, hindari teknik catheter tie-in, karena teknik ini mudah menyebabkan stasis. Alat untuk drip IV atau alat ukur lain yang sesuai diperlukan untuk mengukur kecepatan aliran dalam tetes per menit secara akurat. Setelah mengamati respons pada pemberian dosis awal 2-3 ml (dari 8-12 mcg bentuk base) per menit, atur kecepatan aliran untuk mencapai dan mempertahankan tekanan darah normal yang rendah (biasanya, tekanan sistoliknya 80-100 mmHg) cukup untuk mempertahankan sirkulasi ke organ vital. Pada pasien dengan riwayat hipertensi, dianjurkan menaikkan tekanan darahnya tidak lebih dari 40 mmHg di bawah tekanan sistolik sebelumnya. Dosis pemeliharaan rata-rata adalah 0,5-1 ml per menit (2 mcg-4 mcg bentuk base).


Dosis tinggi
Tiap-tiap individu membutuhkan dosis yang berbeda-beda untuk mencapai dan mempertahankan tekanan darah yang cukup. Pada semua kasus, dosis norepinephrine harus dititrasi sesuai dengan respons pasien. Adakalanya dosis harian yang jauh lebih besar atau bahkan sangat besar (sebesar 68 mg base atau 17 ampul) mungkin dibutuhkan jika pasien tetap menderita hipotensi, tetapi adanya kehilangan volume darah yang tersembunyi harus dicurigai dan bila itu terjadi, harus diperbaiki. Monitor tekanan vena sentral biasanya sangat membantu dalam mendeteksi dan mengobati kondisi ini.


Kemasan

Kotak, 5 ampul @ 4 ml


Golongan

Stimulan Jantung


Perlu Resep

Ya


Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu 25ºC, terlindung dari cahaya