Olanzapine Tablet Salut Selaput 10 mg

Artikel Terkait

Komposisi

Olanzapine 10 mg


Indikasi

  • Olanzapine diindikasikan untuk terapi akut dan pemeliharaan schizophrenia serta kondisi psikosis lain di mana gejala positif (seperti delusi, halusinasi, gangguan kemampuan berpikir, emosi yang tidak terkontrol, dan rasa curiga berlebihan) dan/atau gejala negatif (seperti emosi yang datar, emosional dan menarik diri dari lingkungan sosial, berkurangnya kemampuan berbicara) muncul. Olanzapine juga diindikasikan untuk meredakan gejala afektif sekunder yang umumnya berkaitan dengan schizophrenia dan gangguan lain yang berhubungan. Olanzapine efektif mempertahankan perbaikan klinis selama terapi pada pasien yang menunjukkan respon baik pada terapi awal.

  • Olanzapine diindikasikan untuk terapi episode manik sedang hingga berat.

  • Olanzapine diindikasikan untuk mencegah kekambuhan pada pasien gangguan bipolar dengan episode manik yang merespon baik terhadap olanzapine.


Kontraindikasi

  • Hipersensitif terhadap olanzapine atau komponen lain dalam sediaan.

  • Pasien yang diketahui memiliki risiko glaukoma sudut sempit.


Efek Samping

  • Gangguan sistem darah dan limfatik: eosinofilia, leukopenia, neutropenia.

  • Gangguan metabolisme dan nutrisi: peningkatan berat badan, nafsu makan, kadar glukosa darah, rasa lelah, kadar kolesterol dan trigliserida.

  • Gangguan sistem saraf: rasa kantuk, cara jalan yang abnormal, insomnia, perburukan gejala Parkinson’s dan halusinasi, pusing, akatisia, parkinsonisme, diskinesia.

  • Gangguan jantung: bradikardia, dengan atau tanpa hipotensi atau sinkope.

  • Gangguan pembuluh darah: hipotensi ortostatik.

  • Gangguan gastrointestinal: konstipasi, mulut kering, dispepsia, muntah yang sifatnya ringan.

  • Gangguan hepatobiliary: peningkatan transaminase asimtomatik yang bersifat sementara pada organ hati (ALT, AST), terutama pada awal terapi.

  • Gangguan kulit dan jaringan subkutan: reaksi fotosensitif, alopesia, ruam.

  • Gangguan umum: astenia, edema.

  • Investigasi: peningkatan kadar plasma prolaktin, kreatinin fosfokinase, perpanjangan QTc.


Dosis

Absorpsi olanzapine tidak dipengaruhi oleh makanan, oleh sebab itu olanzapine dapat diberikan dengan atau tanpa makanan. Penghentian terapi olanzapine harus dilakukan secara bertahap.


Schizophrenia dan gangguan lain yang berkaitan:

Dosis awal olanzapine yang direkomendasikan adalah 10 mg/hari.


Episode manik:

Dosis awal monoterapi yaitu 15 mg sekali sehari atau 10 mg pada terapi kombinasi.


Pencegahan kekambuhan pada gangguan bipolar:

Dosis awal yang direkomendasikan yaitu 10 mg/hari. Pasien yang telah menggunakan olanzapine untuk pengobatan episode manik, dapat melanjutkan terapi untuk mencegah kekambuhan dengan dosis yang sama. Jika terjadi episode manik baru, campuran, atau depresi, terapi olanzapine tetap dilanjutkan (dengan penyesuaian dosis sesuai kebutuhan), disertai dengan terapi tambahan untuk mengobati gangguan mood, sesuai dengan indikasi klinis.


Selama terapi untuk schizophrenia, episode manik, dan pencegahan kekambuhan gangguan bipolar, dosis harian olanzapine dapat dilanjutkan sesuai kondisi klinis tiap pasien dengan rentang dosis 5-20 mg/hari. Peningkatan dosis melebihi dosis awal yang direkomendasikan, dianjurkan hanya jika telah dilakukan penilaian ulang kondisi klinis dan umumnya harus berlangsung pada interval waktu kurang dari 24 jam.


Pediatrik

Penggunaan olanzapine tidak direkomendasikan untuk anak dan remaja di bawah usia 18 tahun akibat data keamanan dan efikasi yang terbatas.


Usia lanjut

Dosis awal yang lebih rendah (5 mg/hari) tidak ditujukan untuk penggunaan rutin, namun harus dipertimbangkan bagi pasien dengan usia 65 tahun atau lebih dengan faktor klinis yang mendukung. Titrasi dosis harus dilakukan dengan hati-hati.


Pasien dengan gangguan ginjal dan/atau hati

Dosis awal yang lebih rendah (5 mg) harus dipertimbangkan pada beberapa pasien. Pada kasus insufisiensi hati sedang (sirosis, Child-Pugh kelas A dan B), dosis awal harus dimulai dari 5 mg dan peningkatan dosis dilakukan dengan hati-hati.


Kemasan

Kotak, 3 strip @ 10 tablet salut selaput


Golongan

Antipsikotik


Perlu Resep

Ya


Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu di bawah 30°C.

Informasi produk lebih lengkap, lihat leaflet dalam kemasan.


Olanzapine digunakan untuk terapi akut dan pemeliharaan schizophrenia serta kondisi psikosis lain di mana gejala positif dan/atau gejala negatif muncul, terapi episode manik sedang hingga berat, dan untuk mencegah kekambuhan pada pasien gangguan bipolar dengan episode manik yang merespon baik terhadap olanzapine.