Aripiprazole Tablet Cepat Larut 10 mg

Artikel Terkait

Komposisi

Aripiprazole 10 mg


Indikasi

  • Skizofrenia.

  • Gangguan bipolar I.

  • Terapi tambahan pada gangguan depresi mayor.

  • Iritabilitas terkait gangguan autis.


Kontraindikasi

Pasien yang diketahui memiliki reaksi hipersensitif terhadap aripiprazole. Reaksi mulai dari pruritus/urtikaria hingga anafilaksis.


Efek samping Obat

Skizofrenia

Hubungan antara respon dosis terhadap kejadian efek samping terapi dievaluasi pada pasien dewasa dengan skizofrenia dalam berbagai variasi dosis tetap oral aripiprazole (2 mg/hari, 5 mg/hari, 10 mg/hari, 15 mg/hari, 20 mg/hari, 30 mg/hari). Satu-satunya efek samping yang kemungkinan berhubungan dengan respon dosis dan paling terlihat dengan dosis 30 mg adalah mengantuk (termasuk sedasi). Pada pasien remaja (13 hingga 17 tahun) dengan skizofrenia, tiga efek samping yang umumnya muncul terkait hubungan respon dosis: gangguan ekstrapiramidal, mengantuk dan tremor.


Bipolar mania

Pada pasien anak-anak dan remaja (10 hingga 17 tahun) dengan bipolar mania, empat efek samping yang umum terjadi yang mungkin berkaitan dengan respon dosis pada 4 minggu: gangguan esktrapiramidal, mengantuk, akatisia, dan hipersekresi saliva.


Gangguan autis

Pada pasien anak-anak dan remaja (6 hingga 17 tahun) dengan gangguan autis, satu efek samping yang umum terjadi yang mungkin berkaitan dengan respon dosis: kelelahan.


Gejala ekstrapiramidal

Skizofrenia

Penggunaan aripiprazole tidak menunjukkan adanya insiden gejala ekstrapiramidal dan juga akatisia pada pasien dewasa dan remaja (13 - 17 tahun) dengan skizofrenia.


Bipolar mania 

Pada pasien dewasa bipolar mania dengan monoterapi aripiprazole menunjukkan bahwa adanya kejadian gejala ekstrapiramidal. Kejadian gejala ekstrapiramidal dan akatisia juga telah dilaporkan pada pasien bipolar mania yang mendapatkan aripiprazole sebagai terapi tambahan dari terapi lithium atau valproate. Aripiprazole menunjukkan adanya kejadian gejala ekstrapiramidal pada anak-anak dan remaja (10 - 17 tahun) dengan bipolar mania.


Gangguan depresi mayor

Pada pasien dengan gangguan depresi mayor, kejadian gejala ekstrapiramidal dan akatisia terjadi pada pemberian aripiprazole sebagai terapi tambahan.


Gangguan autis

Pada anak-anak dan remaja (6 - 17 tahun) dengan gangguan autis yang mendapat terapi aripiprazole, terdapat kejadian gejala ekstrapiramidal.


Distonia Efek

pada kelompok obat ini: gejala-gejala distonia, kontraksi abnormal sekelompok otot yang berkepanjangan, dapat terjadi pada pasien yang rentan selama beberapa hari pertama terapi.


Hasil laboratorium abnormal

Pada pasien dewasa, anak-anak dan remaja (6 hingga 17 tahun) berpotensi mengalami perubahan signifikan secara klinis pada serum kimia rutin, hematologi atau parameter urin.


Kenaikan berat badan yang relatif kecil

Pada dewasa, remaja dengan skizofrenia, terdapat sedikit perbedaan pada rata-rata kenaikan berat badan.



Dosis

Aripiprazole diberikan melalui oral, satu kali sehari dengan atau tanpa makanan. Tablet harus ditempatkan di lidah, dimana akan cepat hancur dalam air liur. Dosis tablet lepas cepat aripiprazole sama dengan dosis tablet aripiprazole.


Skizofrenia 

Dewasa 

Seleksi dosis: Dosis awal dan target yang direkomendasikan untuk aripiprazole adalah 10 mg/hari atau 15 mg/hari diberikan satu kali sehari. Aripiprazole telah terbukti efektif pada dosis 10 mg/hari hingga 30 mg/hari, ketika diberikan dalam bentuk tablet; namun dosis lebih


Remaja

Target dosis aripiprazole yang direkomendasikan adalah 10 mg/hari.


Gangguan Bipolar I

Dewasa

Dosis awal dan target yang direkomendasikan adalah 15 mg diberikan satu kali sehari sebagai terapi tunggal atau terapi tambahan dengan lithium atau valproate.


Anak-anak dan remaja

Efikasi aripiprazole telah ditetapkan pada pengobatan untuk pasien anak-anak dan remaja dengan usia 10 hingga 17 tahun dengan gangguan bipolar I pada dosis 10 mg/hari atau 30 mg/hari. Dosis target aripiprazole yang direkomendasikan adalah 10 mg/hari, sebagai terapi tunggal atau terapi tambahan dengan lithium atau valproate. Dosis awal harian tablet aripiprazole pada pasien tersebut adalah 2 mg/hari yang ditingkatkan menjadi 5 mg/hari setelah 2 hari dan untuk dosis target 10 mg diberikan setelah


Terapi tambahan pada gangguan depresi mayor

Dewasa

Seleksi dosis: Dosis awal aripiprazole yang direkomendasikan sebagai terapi tambahan pada pasien yang telah menggunakan antidepresan adalah 2 mg/hari hingga 5 mg/hari.


Gangguan iritabilitas yang berhubungan dengan autisme

Pasien anak-anak dan remaja

Efikasi aripiprazole pada terapi pasien anak-anak dan remaja usia 6 hingga 17 tahun dengan gangguan iritabilitas yang berhubungan dengan autisme pada dosis 5 mg/hari hingga 15 mg/hari telah ditetapkan. Dosis aripiprazole bersifat individual, bergantung pada tolerabilitas dan respons. Dosis harus diawali dengan 2 mg/hari. Dosis kemudian harus ditingkatkan hingga 5 mg/hari, jika diperlukan dapat ditingkatkan menjadi 10 mg/hari atau 15 mg/hari.


Penyesuaian dosis hingga 5 mg/hari harus dilakukan secara bertahap dengan interval waktu tidak kurang dari 1 minggu.


Kemasan

Kotak, 2 strip @ 10 tablet cepat larut


Golongan

Antipsikotik


Perlu Resep

Ya


Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu di bawah 30°C

Aripiprazole adalah obat yang digunakan untuk terapi skizofrenia, bipolar, terapi tambahan pada pasien depresi mayor, dan terapi iritabiltas terkait gangguan autis.