Metformin HCl Tablet Salut Selaput 500 mg

Metformin HCl digunakan pada pengobatan penderita diabetes yang baru terdiagnosis setelah dewasa bila diet tidak berhasil, sebagai kombinasi terapi pada penderita yang tidak responsif terhadap terapi tunggal sulfonilurea, atau sebagai obat pembantu untuk mengurangi dosis insulin apabila dibutuhkan.

Jika tombol tidak bisa diklik, produk tidak tersedia untuk dibeli sendiri dan hanya tersedia di rumah sakit.

Komposisi

Metformin HCl 500 mg


Indikasi

  • Pengobatan penderita diabetes yang baru terdiagnosis setelah dewasa, dengan atau tanpa kelebihan berat badan dan bila diet tidak berhasil.

  • Sebagai kombinasi terapi pada penderita yang tidak responsif terhadap terapi tunggal sulfonilurea baik primer maupun sekunder.

  • Sebagai obat pembantu untuk mengurangi dosis insulsin apabilan dibutuhkan.


Kontraindikasi

Penderita kardiovaskular, gagal ginjal, gagal hati, dehidrasi, peminum alkohol, koma diabetik, ketoasidosis, infark mikoradial, keadaan penyakit kronik akut yang berkaitan dengan hipoksia jaringan, keadaan yang berhubungan dengan asidosis laktat seperti syok, insufisiensi pulmonar, riwayat asidosis laktat.


Efek Samping

Reversibel pada saluran cerna termasuk anoreksia, gangguan perut, mual, muntah, rasa logam pada mulut dan diare, dapat menyebabkan asidosis laktat (dapat diobati dengan natrium bikarbonat).


Dosis

3 kali sehari 1 tablet salut selaput 500 mg.

Metformin HCl  diberikan bersama dengan makanan atau sesudah makan dalam dosis yang terbagi.


Kemasan

Kotak, 10 strip @ 10 tablet salut selaput


Golongan

Antidiabetes


Perlu Resep

Ya


Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu di bawah 30°C, terlindung dari cahaya.

Artikel Terkait