Haloperidol Injeksi 5 mg/ml

Artikel Terkait

Komposisi

Tiap ml mengandung haloperidol 5 mg


Indikasi

Sebagai antiagitasi psikomotor pada kelainan tingkah laku.


Kontraindikasi

  • Depresi endogen tanpa agitasi.

  • Gangguan neurologi dengan gejala piramidal atau ekstrapiramidal.

  • Kondisi comatose dan depresi sistem saraf pusat yang berat.

  • Pasien yang hipersensitif terhadap obat atau yang menderita penyakit Parkinson.

  • Tidak dianjurkan untuk anak-anak usia di bawah 3 tahun.


Efek Samping

  • Pada kasus dosis tinggi atau pasien hipersensitif, haloperidol dapat menyebabkan reaksi neurologi ekstrapiramidal, seperti hipertonia otot dan tremor (parkinsonisme), gelisah disertai dengan gerakan mata yang tidak beraturan. Efek samping ini dapat dihindari dengan penyesuaian dosis secara individual dan dapat dikendalikan dengan obat-obat antiparkinsonisme; dan pada kasus kejang otot, dengan neuroleptik hipnotik sedatif. Efek samping otonom jarang terjadi. Hipotensi ortostatik sangat jarang, hanya terjadi pada terapi intensif. Galaktorea dapat juga ditemui pada ibu menyusui. Kegelisahan dapat timbul dalam 6 jam pertama setelah pemberian.

  • Pasien lanjut usia, lebih mudah mendapat efek samping ekstrapiramidal dan hipotensi ortostatik, dan biasanya membutuhkan dosis awal yang lebih rendah. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya perubahan hematologi. Ataksia akut dan distonia akut yang berat kadang-kadang dapat terjadi.

  • Tardif diskinesia dapat timbul pada beberapa pasien dengan terapi jangka panjang atau setelah terapi dihentikan terutama pada pasien usia lanjut dengan dosis tinggi. Tardif diskinesia seringkali menetap dan dapat menjadi irreversible.


Dosis

TIDAK UNTUK PENGGUNAAN SECARA INTRAVENA


Agitasi dan serangan yang berhubungan dengan psikosis akut (seperti mania, hipomania, skizofrenia akut, kebingungan/kekacauan pikiran termasuk delirium tremens): 2-10 mg, secara intramuskular. Besarnya dosis tergantung pada usia pasien, keadaan fisik dan tingkat keparahan gejala. Dosis berikutnya dapat diberikan setiap ½ jam atau 1 jam secara injeksi intramuskular, tergantung pada respons pasien. Total dosis harian yang diberikan tidak boleh lebih dari 100 mg. Pendekatan pengobatan ini bukan tanpa risiko dan dosis tinggi dari obat antipsikosis hanya dapat diberikan pada orang dewasa yang sehat secara fisik.

Harus diperhatikan pemberian pada pasien dengan riwayat penyakit atau menunjukkan kondisi tertentu seperti gangguan kardiovaskular atau epilepsi.


Tahap pemeliharaan

Segera setelah kontrol pengobatan berkelanjutan tercapai, maka perlu ditentukan dosis pemeliharaannya. Walau hasil pengujian farmakokinetika tidak menunjukkan masalah, perlu ditentukan suatu perkiraan, dengan asumsi bahwa tingkat plasma harus dipertahankan, bahwa waktu paruh plasma dari haloperidol adalah kira-kira 24 jam dan bahwa kontrol awal telah dicapai dalam waktu 24 jam.


Kemasan

Kotak, 25 ampul @ 1 ml


Golongan

Antipsikotik


Perlu Resep

Ya


Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu di bawah 30°C, terlindung dari cahaya.

Haloperidol digunakan sebagai antiagitasi psikomotor pada kelainan tingkah laku.