Methisoprionol Tablet 500 mg

Artikel Terkait

DAPATKAN DISINI

Jika tombol tidak bisa diklik, produk tidak tersedia untuk dibeli sendiri dan hanya tersedia di rumah sakit.

Komposisi

Methisoprinol 500 mg


Indikasi

Penyakit yang disebabkan oleh virus pada saluran pernapasan, penyakit-penyakit eksantema, hepatitis dan beberapa penyakit sistem saraf. Flu pada anak dan dewasa, bronkiolisis, rinofaringitis, varisela, campak, herpes simpleks dan herpes zoster, parotitis, dan sebagainya.


Kontraindikasi

Hati-hati jika methisoprinol diberikan pada pasien dengan gangguan pirai karena dapat sedikit meningkatkan kadar asam urat pada serum. 

  • Methisoprinol dapat memberikan pengaruh pada jantung sehingga dibutuhkan perhatian khusus saat obat ini diberikan pada pasien jantung yang sedang mendapatkan terapi digitalis. 

  • Methisoprinol sebaiknya tidak digunakan selama 4 bulan pertama kehamilan.

  • Ekskresi methisoprinol pada air susu ibu masih belum diketahui. Rasio dosis terapi dan dosis toksik methisoprinol adalah 1:100, sehingga methisoprinol dapat digunakan tanpa kekhawatiran akan efek toksik. Akumulasi tidak terjadi karena methisoprinol cepat dieliminasi bersama metabolitnya melalui urin.


Efek samping Obat

Efek samping yang telah dialami secara konsisten hanya berupa peningkatan sementara urin dan kadar asam urat dalam serum. Efek samping yang kadang terjadi dan bersifat sementara adalah ruam kulit atau gatal, fatigue atau diare. Efek samping yang jarang terjadi misalnya sakit kepala yang bersifat sementara, vertigo, gugup, atau insomnia, konstipasi, dan poliuria.


Dosis

Usia di bawah 5 tahun: rata-rata 50 mg/kgBB/hari. 

Dosis ini bisa ditingkatkan sampai 100 mg/kgBB/hari tergantung pada tingkat keparahan penyakit. 


Usia di atas 5 tahun dan pasien dewasa: rata-rata 50 mg/kgBB/hari, yang dapat ditingkatkan sampai 60 mg/kgBB/hari. 

Dosis obat ini diberikan dalam dosis terbagi 4-6 kali sehari. Apabila diperlukan, antibiotik atau kemoterapi dapat digunakan bersama saat terjadi infeksi bakteri. Tidak ada kontraindikasi pada pemakaian bersama dengan antibiotik atau kemoterapi dan hal ini dilakukan atas anjuran dokter. 


Lama pengobatan methisoprinol adalah sebagai berikut: 

  • Infeksi virus akut yang berlangsung singkat Pengobatan harus dilanjutkan 1-2 hari setelah gejala mereda, sesuai dengan petunjuk dokter. Dengan cara ini kekambuhan dapat dihindari.

  • Infeksi virus akut yang berlangsung lama Pengobatan hendaknya dilanjutkan hingga 1-2 minggu setelah gejala mereda, sesuai dengan petunjuk dokter. Dengan cara ini kekambuhan dapat dihindari.


Kemasan

Kotak, 5 strip @10 tablet


Golongan

Antivirus


Perlu Resep

Ya


Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu dibawah 30°C.

Methisoprionol dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus pada saluran pernapasan, penyakit-penyakit eksantema, hepatitis dan beberapa penyakit sistem saraf. Flu pada anak dan dewasa, bronkiolisis, rinofaringitis, varisela, campak, herpes simpleks dan herpes zoster, parotitis, dan sebagainya.