Tips Sehat untuk Menikmati Menu Khas Lebaran


Setelah berpuasa satu bulan lamanya, tibalah umat Islam pada suatu momen kebersamaan yang paling ditunggu-tunggu yaitu Idul Fitri. Hari raya Idul Fitri merupakan perayaan besar yang juga dapat dimaknai sebagai hari kemenangan bagi umat Islam setelah sebulan penuh menahan hawa nafsu dan berbagai godaan. Selain bersilaturahmi dan saling memaafkan, menyantap berbagai hidangan khas yang menggugah selera juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perayaan Idul Fitri. Ketupat sayur, gulai, rendang, opor, hingga beragam camilan manis selalu menambah semarak kebersamaan saat berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara lainnya.


Sukacita merayakan lebaran terkadang membuat kita lupa untuk mengukur porsi dan memilih jenis makanan yang dikonsumsi, padahal sebagian besar menu khas lebaran memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Euforia menyantap menu khas lebaran ini tidak jarang menimbulkan masalah berupa gangguan pencernaan. Selain itu, jenis menu yang kaya kandungan karbohidrat dan lemak tentu tetap harus diperhatikan asupannya pada mereka yang menderita penyakit tertentu, seperti penyakit diabetes (gula darah tinggi), hipertensi (tekanan darah tinggi), dan dislipidemia (kolesterol tinggi).

Meskipun momen kebersamaan ini hanya terjadi sekali dalam setahun, namun ada baiknya untuk tetap bijak dalam memperhatikan porsi dan jenis makan yang dikonsumsi, ya! Berikut adalah beberapa beberapa tips sehat yang bisa kita lakukan saat menikmati menu khas lebaran agar terhindar dari masalah kesehatan setelahnya:


1. Makan Teratur

Suguhan menu khas lebaran yang terasa tiada hentinya memang rentan menjadi alasan untuk kita mengabaikan jadwal makan yang sudah diterapkan sebelumnya. Usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan pada jadwal yang teratur. Boleh mencicipi kudapan ringan atau camilan di sela-sela jam makan namun pastikan porsinya juga tidak berlebihan, karena banyak di antara kudapan ringan tersebut walaupun berukuran kecil namun memiliki kandungan kalori yang besar.


2. Makan dengan Komposisi Gizi Seimbang

Euforia menyantap makanan khas lebaran bukanlah alasan untuk mengabaikan komposisi gizi yang masuk ke dalam tubuh. Sembari memilih makanan favorit, pastikan juga komposisi makanan tersebut mengandung komponen gizi yang seimbang, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat.


3. Perbanyak Sayur dan Buah

Tidak ada salahnya untuk selalu menyantap sayur dan buah saat lebaran. Sayur dan buah merupakan sumber serat yang baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna kita. Kecukupan serat pangan dapat membantu menghindarkan kita dari risiko sembelit yang tentu membuat badan menjadi tidak nyaman.


4. Batasi Makanan Tinggi Lemak

Lemak dan menu khas lebaran rasanya adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Rasanya pun tergolong nikmat sehingga sulit menahan godaannya. Akan tetapi, konsumsi aneka masakan bersantan, gorengan, dan menu berlemak lainnya tetap harus diperhatikan porsinya, ya! Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dapat menimbulkan masalah kesehatan akut seperti produksi asam lambung yang tinggi dan gangguan dispepsia, hingga meningkatkan risiko masalah kesehatan jangka panjang seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi.


5. Minum Air Putih dalam Jumlah yang Cukup

Selain acara makan bersama, momen lebaran juga umumnya diisi dengan kegiatan silaturahmi yang padat. Di tengah padatnya aktivitas tersebut, asupan cairan yang cukup akan membantu tubuh tetap fit dan segar karena terhidrasi dengan baik. Kekurangan cairan berisiko meningkatkan peluang tubuh mengalami dehidrasi serta menyebabkan proses pencernaan menjadi kurang lancar. Jadi, selalu ingat untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan tubuh dan sebisa mungkin batasi minuman manis atau bersoda agar tubuh tetap sehat.


Semoga tips di atas dapat membantu kita dalam menikmati indahnya lebaran tanpa takut mengalami berbagai gangguan kesehatan akibat makan berlebihan. Bagi mereka yang karena satu dan lain hal memiliki restriksi atau pantangan untuk mengonsumsi bahan makanan tertentu, usahakan tetap disiplin dalam mematuhi pantangan tersebut, ya! Selamat merayakan hari lebaran bersama keluarga.


Referensi:

1.Staying healthy during Eid. Available from: https://www.who.int/bangladesh/news/detail/04-07-2016-staying-healthy-during-eid

2.Nine tips for a healthy Eid ul-Fitr. Available from: https://www.diabetesqld.org.au/uncategorized/nine-tips-for-a-healthy-eid-ul-fitr/

3.8 tips for a healthy Eid after a month of fasting. Available from: https://www.healthifyme.com/blog/8-tips-healthy-eid-month-fasting/

4.Eid Mubarak: tips to eat healthy this Eid al-Fitr. Available from: https://www.onlymyhealth.com/tips-to-stay-healthy-this-eid-ul-fitr-1528898499

53 views